Dokter Ulfah: Lomba Desa-Kelurahan Bukan Sekedar Dapat Juara tapi Evaluasi di 3 Sektor

MJI BARRU – Setelah Kecamatan Balusu, Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Barru Ulfah Nurul Huda S, bersama Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Barru Tahun 2024 mengunjungi Kecamatan Tanete Rilau, Selasa (25/6/2024).

Untuk tahun ini pemerintah kecamatan Tanete Rilau diwakili oleh kelurahan Tanete dan desa Lipukasi untuk mengikuti lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten Barru.

banner 1500x367

Usai melaksanakan penilaian di kelurahan Tanete, Dokter Ulfah sapaan dikenalnya bersama tim penilai melanjutkan kegiatan penilaian di desa Lipukasi yang disambut dengan lantunan salawat badar oleh kelompok pengajian dan salawat Nurul Huda desa Lipukasi.

“Alhamdulillah, masya Allah salawatnya,” ucap Dokter Ulfah di awal sambutannya.

Lanjut Ulfah menyampaikan, penilaian lomba ini bukan hanya semata untuk mendapatkan juara, sertifikat, atau pun pengakuan. Tapi tim turun untuk melihat dan mengevaluasi kinerja, tata kelola, dan capaian terhadap 3 sektor bidang pemerintahan, bidang kemasyarakatan, dan bidang kewilayahan selama 2 (dua) tahun terakhir ini, apakah sudah berjalan dengan baik.

Dalam penilaian ini kata Ulfa, tim akan melakukan verifikasi administrasi dengan kondisi reel lapangan dalam rangka mewujudkan tertib administrasi di desa dan kelurahan.

Ulfah menambahkan bahwa melalui lomba ini tim juga ingin melihat seperti apa inovasi dan potensi yang bisa dikembangkan.

“Demikian juga dengan kekurangan, melalui penilaian ini tim akan memberi masukan agar kekurangan ini diperbaiki dan bagaimana membangun kerja sama agar potensi, inovasi dan kelebihan ini bisa direplikasi di desa maupun kelurahan lainnya,” ujar Ulfah.

Ulfah juga mengapresiasi inovasi JABAR PANBUMIL TA (Kerja Bareng Pendampingan Ibu Hamil Tanete Rilau) yang digagas oleh pemerintah kecamatan Tanete Rilau.

“Kami TP PKK dan pemerintah kabupaten Barru sangat mensupport penuh dan hal ini juga akan membantu pemerintah dalam menurunkan angka stunting,” ungkap Ulfah.

Terkait stunting, Ulfah menaruh harapan kepada pengurus PKK, tokoh wanita dan stakeholder lainnya untuk membantu pemerintah dengan mengedukasi masyarakat tentang pencegahan stunting, mengawal inovasi pencegahan seperti one day one egg serta inovasi lainnya.

Sementara itu Camat Tanete Rilau Akmaluddin dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai moment dalam rangka mengevaluasi perkembangan desa dan kelurahan di kecamatan Tanete Rilau.

Pada kesempatan ini, Akmaluddin juga memperkenalkan Inovasi JABAR PANBUMIL TA (Kerja Bareng Pendampingan Ibu Hamil Tanete Rilau) yakni inovasi yang berorientasi pada pencegahan stunting. (RED)

banner 1800x928

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *