Bupati Barru Salat Idul Adha Bersama Ribuan Jamaah

MJI BARRU – Bupati Barru, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Suardi Saleh bersama Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Barru, Ulfah Nurul Huda S, beserta keluarga melaksanakan salat Idul adha 1445 H di Lapangan Sumpang Binangae, Kecamatan Barru, Senin (17/6/2024).

Jajaran unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten dan sejumlah pimpinan OPD di Lingkungan pemerintah kabupaten Barru serta ribuan jamaah Idul adha turut membersamai bupati Barru di Lapangan Sumpang Binangae.

banner 1500x367

Dalam sambutannya, Suardi Saleh menyampaikan, perayaan Idul adha ini adalah bisa jadi yang terakhir bagi dirinya sebagai bupati yang saat ini sudah akan mengakhiri masa tugas periode kedua.

“Dalam kurun waktu pelaksanaan tugas sebagai bupati, bersama-sama kita telah bekerja keras untuk mewujudkan Barru yang sejahtera, mandiri dan berkeadilan bernafaskan keagamaan melalui pelaksanaan berbagai program dan kebijakan,” ucapnya.

Suardi mengurai beberapa capaian yang telah diraih diantaranya dalam bidang pembangunan, berbagai infrastruktur dalam pelayanan dasar seperti prasarana kesehatan, pendidikan, perkantoran, jalan dan jembatan serta infrastruktur yang terkait dengan transportasi kereta api dan ketahanan bencana telah berhasil di tingkatkan.

Kemudian, optimalisasi sektor pertanian termasuk sub sektor perikanan, peternakan dan perkebunan sebagai penyokong utama ekonomi daerah kita, telah dilaksanakan melalui berbagai program, termasuk pengembangan kawasan strategis dan pemberdayaan UMKM sudah dilaksanakan dengan memperhatikan aspek pemerataan.

Suardi juga menyebutkan, keberhasilan di bidang pembangunan melalui indikator ekonomi makro daerah yakni PDRB (ADHB) dari Rp5,45 triliun di tahun 2016 menjadi Rp9,43 triliun di tahun 2023, PDRB Perkapita dari Rp31,75 juta di tahun 2016 menjadi Rp. 50,16 juta di tahun 2023, IPM meningkat dari 69,07 poin di tahun 2016 menjadi 73,80 poin di tahun 2023, dan menjadikan kabupaten Barru berada di peringkat ke 8 dan termsuk kelompok IPM kategori tinggi di Sulsel, angka kemiskinan menurun dari 9,45 % di tahun 2016 menjadi 8,46 % di tahun 2023, tingkat pengangguran terbuka menurun dari 7,68 % di tahun 2016 menjadi 5,89 di tahun 2023.

“Sementara di bidang pemerintahan kita telah melakukan peningkatan tata kelola yang berorientasi pada transparansi, responsibilitas, akuntabilitas dan profesional dimana pada aspek pelayanan publik, kita telah memiliki Mall Pelayanan Publik yang telah menjadikan Barru sebagai rujukan untuk tempat studi tiru daerah lain,” paparnya.

Dan terakhir kata dia, keberhasilan dalam peningkatan tranparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

“Kita telah berhasil secara berturut-turut 8 kali memperoleh predikat WTP,” jelasnya.

Menurutnya, capaian ini tidak terlepas dari sinergitas, kolaborasi dan dukungan semua pihak serta situasi dan kondisi daerah yang kondusif karena kuatnya nilai-nilai agama yang menjadi karakter daerah.

“Dan tentu masih banyak juga harapan dan keinginan kita yang belum bisa kita wujudkan karena berbagai keterbatasan yang kita miliki. Apa yang telah kita lakukan bersama selama ini dapat menjadi bekal untuk meneruskan perjuangan meningkatkan pembangunan di masa yang akan datang,” terangnya.

Terkait pelaksanaan pemiliihan kepala daerah (Pilkada) Suardi mengajak untuk mempertahankan suasana sejuk dan damai yang selama ini selalu melekat setiap pelaksanaan pesta demokrasi.

Suardi mengajak seluruh jamaah untuk mendoakan kepada segenap jamaah haji seluruh dunia terkhusus jamaah dari kabupaten Barru yang saat ini berbaur dengan jamaah haji dari seluruh penjuru dunia meninggalkan Arafah menuju Musdalifah dan terus ke Mina, agar diberi kemudahan, kelancaran ibadah dan lindungan kesehatan dan  keselamatan serta kembali tanah air dan daerah masing-masing dengan predikat Mabrur.

“Akhirnya pada kesempatan yang mulia ini, saya atas nama pemerintah daerah kabupaten Barru, masyarakat, dan pribadi  mengucapkan selamat hari raya iduladha kepada seluruh umat muslim di wilayah kabupaten Barru, semoga kita semua mendapatkan keberkahan, keselamatan dan kebahagiaan serta selalu mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT,” pungkas Suardi.

Berdasarkan laporan PHBI diketahui jumlah hewan qurban yang tercatat sementara sebanyak 954 ekor dengan rincian sapi 938 ekor dan kambing 16 ekor. (RED)

banner 1800x928

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *