Ulfah Bersama Tim Lakukan Penilaian Lomba Desa-Kelurahan di Tanete Riaja

MJI BARRU – Plt Ketua TP PKK Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) Ulfah Nurul Huda bersama Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Barru Tahun 2024 melakukan penilaian di Kecamatan Tanete Riaja, Kamis (13/6/2024).

Pada kesempatan tersebut, Ulfah selaku pembina lomba penilaian bersama tim melaksanakan kegiatan penilaian di Kelurahan Lompo Riaja dan Desa Lempang Kecamatan Tanete Riaja.

banner 1500x367

Saat memberikan sambutan di Aula Kantor Kelurahan Lompo Riaja Dokter, Ulfah menyebutkan, lomba ini bermaksud untuk mewujudkan tertib administrasi pemerintahan di desa dan Kelurahan dimana ada 3 (tiga) aspek yang akan dinilai yakni bidang pemerintahan, bidang kemasyarakatan, dan bidang kewilayahan.

Menurutnya, jika ketiga aspek ini sudah rapi dan mantap yakin kualitas pelayanan dan tata kelola pemerintahan juga akan bagus.

Baca juga:┬Plt Ketua TP PKK Barru Jadi Tim Penilai Lomba Desa-Kelurahan

Selain itu, kata Ulfah, penilaian ini juga untuk mengevaluasi capaian kelurahan dan desa dua tahun terakhir dengan melakukan verifikasi lapangan, karena jangan sampai administrasinya bagus tapi tidak sesuai dengan kondisi reel dilapangan.

Ditambahkan, penilaian ini juga bertujuan untuk melihat kekurangan dan kelebihan yang ada di desa/kelurahan.

“Sehingga pada saat tiga aspek ini kita perbaiki diharapkan akan meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan Pemerintanan, Pembangunan,dan pelayanan masyarakat di desa dan kelurahan. Jangan sampai karena ada lomba kita semua sistem kebut semalam memperbaiki administrasi dan capaian, akan tetapi setelah lomba tetap kita lanjutkan dan lakukan perbaikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Ulfah.

Ulfah juga mengajak pemerintah desa dan kelurahan agar bisa memaksimalkan potensi yang ada di wilayahnya dengan berpikir kreatif, inovatif melalui pemberdayaan masyarakat, TP PKK dan lembaga kemasyarakatan lainnya.

Sebelumnya, mewakili ketua tim penilai lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten Barru, Muhammad Saleh Kabid PMD – DPMD PPKBPPA, menyebutkan, bahwa lomba desa dan kelurahan ini merupakan amanah berdasarkan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015.

Dijelaskan, kegiatan yang berhubungan dengan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan akan dilihat oleh tim berdasarkan tiga indikator yaitu bidang pemerintahan, bidang kemasyarakatan, dan bidang kewilayahan dimana para tim penilai akan menilai secara obyektif.

Sementara Camat Tanete Riaja, Mukti Alimin dalam sambutannya berharap kegiatan ini menjadi acuan khususnya bagi kami Pemerintah kecamatan untuk memonitoring pembinaan di desa dan kelurahan.

Dikatakan semua indikator penilaian akan menjadi acuan dalam proses meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan tata kelola pemerintahan.

Seusai melakukan penilaian di kelurahan Lompo Riaja, Ulfah bersama tim penilai melanjutkan kegiatan yang sama di desa Lempang. (RED)

banner 1800x928

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *