Plt Ketua TP PKK Barru Jadi Tim Penilai Lomba Desa-Kelurahan

MJI BARRU – Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) Ulfah Nurul Huda menghadiri kegiatan penilaian lomba Desa, Kelurahan dan Tingkat Kabupaten Barru Tahun 2024 di Kecamatan Soppeng Riaja, Selasa (11/6/2024).

Ulfah selaku pembina lomba penilaian desa dan kelurahan bersama tim penilai melaksanakan penilaian di Kelurahan Mangkoso dan Desa Batupute kecamatan Soppeng Riaja.

banner 1500x367

Di Aula Kantor Kelurahan Mangkoso, Ulfah dalam sambutannya menyampaikan, lomba desa dan kelurahan ini selain bermaksud untuk melihat administrasi pemerintahan juga untuk melihat progress tiga indikator lainnya.

Tiga indikator itu, kata Ulfah diantaranya bidang pemerintahan, bidang kemasyarakatan, dan bidang kewilayahan sebagaimana yang sudah dijelaskan oleh ketua tim penilai.

Selain itu, lanjut Ulfah, penilaian lomba ini bermaksud untuk mengevaluasi capaian kinerja di kelurahan dan desa serta untuk memverifikasi penyelenggaraan pembangunan apakah sesuai dengan kondisi reel di lapangan selama dua tahun (2022-2023) berturut turut.

Ulfah juga berharap agar jangan sampai karena ada lomba semuanya langsung dikerjakan dan dipersiapkan secara mendadak dan langsung dikerjakan Sistem Kebut Semalam (SKS).

“Jangan sampai kita hanya menggugurkan kewajiban karena lomba ini karena tugas kita bagaimana pemerintah desa dan kelurahan bekerja sama dengan masyarakat, bersinergi dengan TP PKK dalam memberikan pelayanan maksimal dan mensejahterakan masyarakat kita,” imbuh Ulfah.

Ulfah menambahkan, kegiatan ini juga untuk memberikan motivasi karena ada niat untuk membersihkan kantor dan wilayah

“Seperti yang dikatakan bupati Barru bahwa penghargaan itu sebagai bonus tapi proses output menjadi pelajaran yang berharga buat kita disini,” terangnya.

Sebelumnya Kepala DPMDPPKBPPA kabupaten Barru Jamaluddin dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Plt. Ketua TP PKK kabupaten Barru karena disela kesibukan yang sangat padat masih menyempatkan diri untuk membersamai tim penilai. Hal ini menandakan bahw perhatian dan kepedulian beliau pada kegiatan lomba ini sangat tinggi.

Jamaluddin yang juga ketua tim penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten Barru tahun 2024 menyebutkan bahwa lomba desa dan kelurahan ini merupakan amanah berdasarkan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015.

Dijelaskan, bahwa kegiatan yang berhubungan dengan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan akan dilihat oleh tim berdasarkan tiga indikator.

“Dan dalam menilai para tim penilai akan menilai secara obyektif,” pungkas Jamaluddin.

Sementara Camat Soppeng Riaja Hidayatuddin mengucapkan selamat datang kepada tim penilai. Dan dia berharap kegiatan ini menjadi kegiatan rutinitas terbaik, bukan hanya menggugurkan sebuah kewajiban tetapi betul-betul menata tata kelola pemerintah dengan baik di kelurahan dan desa.

Lanjut, kegiatan ini adalah tingkat evaluasi tertinggi di kelurahan dan desa untuk meningkatkan tata kelolah pemerintah, sumber daya manusia, pemberdayaan masyarakat, maupun peran serta masyarakat ditingkat desa dan kelurahan.

“Dan kegiatan ini menjadi acuan tingkah laku disektor pemerintahan sebagai titik awal keberhasilan sumber daya kesejahteraan masyarakat di Soppeng Riaja,” jelasnya.

Seusai melakukan penilaian di kelurahan Mangkoso, Ulfah bersama tiim penilai melanjutkan kegiatan yang sama di desa Batupute.

Untuk diketahui sesuai jadwal, kegiatan ini akan dilaksanakan dari tanggal 11 sampai dengan 22 Juni 2023.

Terpantau hadir, Kadis PMDPPKBPPPA Barru, para tim penilai lomba kelurahan dan desa tingkat kabupaten, Camat Soppeng Riaja, Wakapolsek Soppeng Riaja, Ketua TP PKK kecamatan Soppeng Riaja, Lurah Mangkoso, Babinsa Mangkoso, ketua dan pengurus TP PKK kelurahan Mangkoso, Ketua LKK kelurahan Mangkoso, para ketua RW dan RT.

Sementara di desa Batupute terpantau hadir Kepala DPMDPPKBPPA/Ketua tim penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten Barru bersama anggota, Camat Soppeng Riaja, Wakapolsek Soppeng Riaja, Ketua TP PKK kecamatan Soppeng Riaja, pengurus TP PKK Barru, kepala desa Batupute, Babinsa desa Batupute, Bhabinkamtibmas desa Batupute, ketua dan anggota BPD desa Batupute, ketua dan pengurus TP PKK desa Batupute, para kepala dusun dan undangan lainnya. (RED)

banner 1800x928

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *