Pemkab Barru Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila, Dandim1405 Parepare Jadi Irup

MJI BARRU – Pemerintah Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Halaman Kantor Bupati Barru, Sabtu (1/6/2024).

Upacara yang diikuti oleh para ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Barru, Unsur TNI dan Polri, dan bertindak sebagai Inspektur upacara yaitu Dandim 1405 Parepare Letkol Inf Hastiar Hatta, S.IP.

banner 1500x367

Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Dandim 1405 Letkol Hastiar menyampaikan, Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Menurutnya, tema ini bermakna bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Didalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika,” katanya.

Ketua BPIP, mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pancasila katanya, diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan, dan lebih dari itu, saya dia mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

”Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik,” pungkasnya.

Tampak hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Barru, Wakapolres Barru, Pabung Kodim 1405 Parepare, Sekretaris Pengadilan Agama Barru, Kasi Intel Kejari Barru, Para Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Para pimpinan OPD, Para Kabag Setda Barru, dan peserta Upacara. (RED)

banner 1800x928

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *