Bupati Suardi: Pesta Adat Paenge Wujud Pelestarian Budaya Lokal

MJI BARRU – Bupati Barru, Suardi Saleh, didampingi Pelaksana tugas (Plt) Ketua TP. PKK Kabupaten Barru, Ulfah Nurul Huda Suardi, menghadiri pesta panen adat Paenge masyarakat Dusun Birue, Desa Siawung, Kecamatan Barru, pada Jumat (31/5/2024).

Pesta adat Paenge yang mengusung tema ‘Bangkitkan kebersamaan, tingkatkan nilai ibadah dan melestarikan budaya’ berlangsung di lokasi sumber mata air Paenge Dusun Birue.

banner 1500x367

Suardi Saleh menyampaikan terima kasih kepada panitia, tokoh masyarakat, pemangku adat, pemuda dan pemerintah desa Siawung bersama pemerintah kecamatan Barru yang konsisten melaksanakan kegiatan ini dengan peningkatan secara kualitas dan kuantitas.

“Melalui kegiatan ini, kita melihat beberapa dimensi. Dimensi pertama adalah sebagai wujud kesyukuran kepada Allah SWT atas hasil panen yang melimpah dari tahun sebelumnya. Dimensi kedua adalah sebagai upaya pelestarian budaya lokal,” ungkap Suardi Saleh.

Menurutnya, kabupaten Barru sudah mendapatkan 5 kekayaan warisan budaya tak benda dari Kemendikbudristek yakni pada tahun 2021 diantaranya tari Sere Api, Marakka Bola, Maddoja Bine kemudian pada tahun 2023 ada 2 yaitu Mattojang dan Massure.

Suardi Saleh berharap agar ada upaya pelestarian yang sungguh-sungguh seperti Passure dan Pajjujung Kapara harus ada regenerasi karena sebagian pelaku budaya sudah tua yang dikhawatirkan jika tidak ada regenerasi akan terkikis seiring perkembangan zaman.

“Kedepan para Pajjujung Kappara ada regenerasi karena alangkah indahnya para Pajjujung Kappara berjejer disesuaikan dengan tingkatan usia, anak-anak, remaja, orang tua. Dan buat anak-anak kita jangan ada ada gengsi karena ini menjadi kebanggaan buat kebudayaan dan daerah kita,” terang Suardi Saleh.

Suardi menambahkan, dampaknya disini ada obyek wisata yang luar biasa dan semoga bisa menjadi kalender tetap wisata karena sudah rutin dilaksanakan setiap tahun setelah panen sehingga dapat mendorong ekonomi ditempat ini.

“Saya meminta lokasi pelaksanaan acara adat ini terus ditata dan membenahi sumber mata air Paenge dengan objek pendukung lainnya untuk menarik wisatawan lainnya,” harap Suardi Saleh.

Sebelumnya, Camat Barru yang juga Plt. Kepala Desa Siawung, Andi Hilmanida menyampaikan bahwa menjadi kesyukuran dan kebangaan bagi masyarakat dusun Birue karena selama ini Bupati Barru selalu hadir pada kegiatan Pesta Panen Adat Paenge dan ini bukti bahwa Bupati Barru sangat mencintai masyarakat Dusun Birue.

“Kegiatan ini memadukan kearifan lokal, semangat kebersamaan, gorong royong, sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah dari tahun sebelumnya,” pungkas Andi Hilmanidah. (RED)

banner 1800x928

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *