Pemkab Pangkep Bakal Punya Perpustakaan Standar Nasional

MJI PANGKEP – Wakil Bupati Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahban Sammana melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung perpustakaan, Minggu (19/5/2024).

Pembangunan ini dibagun oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah. Wakil bupati berharap kehadiran perpustakaan semakin meningkatkan animo literasi dan minat baca masyarakat.

banner 1500x367

“Kita berharap progres pembangunannya berjalan sesuai jadwal. Harapan kita, perpustakaan ini dimanfaatkan dengan baik,” katanya.

Pembangunan gedung layanan perpustakaan ditempatkan di jalan Terminal baru, Bungoro.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Pangkep, Muhiddin R, menjelaskan pembangunan layanan perpustakaan daerah ini bersumber dari anggaran dana alokasi khusus (DAK) dengan jumlah oagu sebesar Rp10 miliar.

Pembangunan direncanakan dua lantai, dilengkapi fasilitas modern standar nasional kelas kabupaten. Dilengkapi fasilitas ramah lansia, disabiltas, ibu dan anak dengan penyediaan ruang laktasi dan untuk semua segmen pengguna pustaka mulai dari akan, remaja hingga masyarakat umum.

Hadirnya perpustakaan berbasis sosial, diharapkan menjadi episentrum pusat pembelajaran, informasi ilmu pengetahuan dan tehnolgi serta pusat pengembangan ekonomi masyarakat.

“Luas lahan bangunan 25×30 Meter/segi berlantai dua. Lantai duanya ada penyiapan teater mini, aula serta akan terkoneksi dengan sistem perpustakaan digital nasional,” katanya.

Hadirnya perpustakaan standar nasional itu katanya, berkat inisiasi bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL).

“Kita masyakat bersyukur punya pemimpin yang peduli dalam rangka mendorong literasi dan budaya membaca di Pangkep semakin berkembang,” tambahnya.

Dinas perpustakaan dan kearsipan daerah kedepan akan berkolaborasi dengan sejumlah pihak baik OPD maupun komunitas literasi.

Pembangunan gedung layanan perpustakaan dijadwalkan selama 240 hari kalender. (MCPKJ/MJI)

banner 1800x928

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *