Buka “Berbaur Fest 2024”, Bupati Barru Harap Jadi Event Nasional

MJI BARRU – Terima kasih kepada Kepala Disbudpar Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Muh. Arafah Palu atas kehadiran, dukungan dan perhatiannya sehingga acara “Berbaur Fest 2024” dapat terlaksana.

Ucapan ini disampaikan langsung Bupati Kabupaten Barru, Suardi Saleh saat membuka acara “Berbaur Fest 2024” yang berlansung di Taman Colli Pujieq pada Jumat (17/5/2024) malam.

banner 1500x367

Dengan festival ini, kata Suardi, para pelaku ekonomi kreatif, pelaku seni, UMKM berbaur berkolaborasi dengan harapan akan tumbuh dan besar bersama.

Menurutnya, selain berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf) dapat menjadi trigger bagi peningkatan pendapatan daerah dan penciptaan lapangan kerja.

Baca juga:┬Peletakan Batu Pertama Kantor Baznas Barru, Zakat Berpotensi Meningkat

Dirinya mengurai upaya yang telah dilakukan Pemerintah Daerah dalam mengawal pertumbuhan ekraf, yakni menyusun kebijakan dan regulasi yang mendukung peningkatan kualitas
kepariwisataan dan ekraf,
meningkatkan kualitas SDM, mengembangkan daya tarik wisata lokal, melakukan promosi dan pemasaran secara digital, meningkatkan kerjasama dengan komunitas lokal, serta penguatan branding daerah.

Suardi menambahkan, sebagai bukti nyata beberapa tahun terakhir pemerintah kabupaten Barru rutin mengadakan pameran, festival, workshop pengelolaan bisnis, pelatihan keterampilan pelayanan, serta keahlian kreatif lainnya termasuk kerja sama dengan masyarakat dalam mengembangkan dan memasarkan produk kerajinan tangan,kuliner dan seni pertunjukan baik di dalam dan di luar daerah.

Baca juga:┬Mappadendang Desa Binuang, Bupati Barru: Pelestarian Budaya

Selain itu, Suardi optimis terhadap pertumbuhan komunitas lokal yang merupakan kunci bagi perkembangan ekonomi kreatif yang berkelanjutan dan inklusif.

Dijelaskan bahwa komunitas lokal adalah sumber utama kreatifitas dan inovasi, komunitas lokal dapat menjadi pasar pertama bagi produk-produk kreatif yang dapat merambah pasar yang lebih luas.

“Ketika komunitas terlibat aktif dalam bidang ekraf, mereka merasa memiliki dan bertanggung jawab atas perkembangan ekonomi di daerahnya dan hal ini membawa dampak positif berkelanjutan bagi perkembangan ekraf serta kesejahteraan masyarakat,” ungkap Suardi.

Diakhir sambutannya, Suardi mengingatkan Kepala Disparpora kabupaten Barru untuk mempersiapkan segala syarat agar berbaur fest dapat diusulkan menjadi kharisma event nasional.

“Semoga kegiatan ini membawa manfaat untuk kemajuan kepariwisataan dan industri ekonomi kreatif di kabupaten Barru,” tutup bupati Suardi. (BRU/MJI)

banner 1800x928

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *